a:hover {background-image: url(https://lh6.googleusercontent.com/-AlOJLqdQbgM/TX8PrNRSMsI/AAAAAAAAAaY/qJhxSdh5tfE/s1600/stars.gif);} SMP N 5 PATI: MANAJEMEN DIRI (Aisyah-03)

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 06 Maret 2013


MANAJEMEN DIRI
Apersepsi
Kemandirian bertujuan untuk membebaskan diri dari sifat kekanak-kanakan yang selau menggantungkan diri dari orang tua. Sehingga dapat mengembangkan sikap perasaan tertentu kepada orang dewasa tanpa menggantungkan diri padanya, dari kematangan seksual individu-individu yang tidak memperoleh kepuasan di dalam keluarga, ia akan keluar untuk membangun ikatan emosional dengan orang-orang sebayanya. Hal ini berlangsung tanpa ia merubah ikatan emosional  yang mengikat terhadap orang tua.
Ringkasan materi
Kemandirian remaja bertujuan untuk mampu memecahkan masalahnya sendiri dengan kemampuan sendiri tidak tergantung pada  orang lain. Dengan kata lain Anda dapat mandiri dengan ciri-ciri :
1.       Mengenal kemampuan sendiri.
2.       Menerima dirinya sendiri secara positif.
3.       Mengambil keputusan untuk dirinya sendiri.
4.       Mengarahkan dirinya sendiri.
5.       Mewujudkan dirinya sendiri.
Dari ciri-ciri di atas dapat dikembangkan pada waktu lain jika anda berhadapan dengan masalah di masa dating sehingga mampu mengatasi masalah-masalah lain didepan.
Sikap kemandirian
Salah  satu hal yang menyenangkan ketika Anda memasuki masa remaja adalah Anda diberikan kebebasan yang lebih untuk memilih dan menjalankan kegiatan sehari-hari. Orang tua Anda akan memberikan banyak kesempatan dan kebebasan untuk memilih dibanding saat Anda masih kanak-kanak.
Pada masa remaja mengalami sikap ambivalen terhadap orang  tuanya. Remaja ingin bebas namun dirasa bahwa dunia dewasa cukup rumit dan asing baginya. Dalam masa itu remaja masih berharap perlindungan orang tua sedang sebaliknya orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi lebih dewasa. Di sini peran guru dan orang tua cukup penting dalam rangka proses kemandirian dalam mengambil keputusan.
Contoh sederhana : saat Anda masih duduk di sekolah dasar mungkin ketika Anda membeli sepatu atau baju, orang tua Anda yanglebih banyak memilihkan dan menentukan. Tetapi sekarang ketika Anda sudah beranjak remaja, orang tua Anda memberikan kebebasan kapada Anda untuk memilih dan menentukan sendiri sesuai keinginan Anda. Itu semua dilakukan oleh orang tua Anda karena Anda dianggap sdah cukup dewasa untuk bisa membuat keputusan sendiri.
Kepercayaan orang tua yang  mulai banyak diberikan kepada Anda , hendakna Anda respon dengan sikap positif. Artinya jangan sampai nda menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan oleh orang tua Anda. Misalkan : saat ini orang tua Anda memberiakn kepercayaan kepada Anda untuk memiliki sepedamotor sendiri. Tetapi kepercayaan orang tua Anda itu tidak Anda jaga sebaik mungkin. Sepeda motor yang dibelikan oleh orang tua Anda dengan susah payah mengumpulkan uang rupiahdemi rupiah, Anda jadikan sarana untu kebut-kebutan dengan teman-teman Anda. Selain itu, sepeda motor yang seharusnya membuat anda semakin rajin belajar dan digunakan untuk berangkat sekolah, justru lebih sering membuat Anda banyak bermain bersama teman-teman. Akibatnya, motor yang diberikan orang tua Anda menjadi cepat rusak dan nilai pelajaran Anda banyak mengalami penurunan dan akhirnya, orang tua tidak lagi bisa mempercayai Anda. Ini artinya, Anda tidak bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan orang tua Anda.
Untuk itu perlu kiranya, Anda belajarbertanggungjawab dengan diri Anda sendiri agar orang tua menaruh kepercayaan kepada Anda.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © SMP N 5 PATI //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //