a:hover {background-image: url(https://lh6.googleusercontent.com/-AlOJLqdQbgM/TX8PrNRSMsI/AAAAAAAAAaY/qJhxSdh5tfE/s1600/stars.gif);} SMP N 5 PATI: RENCANA MASA DEPAN BERGAUL DENGAN TEMAN (Aisyah - 03)

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Sabtu, 02 Maret 2013


RENCANA MASA DEPAN BERGAUL  DENGAN TEMAN
A.      MERENCANAKAN MASA DDEPAN
            Cita-cita merupakan suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya. Masa depan harus direncanakan dan  disongsong bukan ditunggu. Awal masa depan itu adalah “di sini dan sekarang”. Persiapan untuk menyongsong masa depan dilakukan melalui prosedur-prosedur tertentu, baik melalui pendidikan informal, formal maupun nonformal. Melalui pendidikan di sekolah, siswa dibekali dengan berbagai pengetahuan,ketrampilan, nilai dan sikap-sikap tertentu. Bekal yang diperoleh siswa disekolah bertujuan untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja. Sebagai siswa SMP,kita mulai dari perencanaan setelahlulus SMP akan melanjutkan sekolah ke mana? Kita harus memikirkan dari sekarang, ada beberapa alternative sekolah yang bisa kita pilih setelah SM,yaitu sebagai berikut.
1.     Sekolah Menengah Atas (SMA), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan  formal di Indonesia yang ditempuh setelah lulus sekolah Menengah Pertama (atau sederajat). Sekolah menengah atas ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12. Pada tahunkedua (yakni kelas 11), siswa SMA dapat memilih salah satu dari tiga jurusan yang ada, yaitu Sains, sosial, dan bahasa. Pada akhir tahun ketiga (yakni kelas 12) , siswa diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang memngaruhi kelulusan siswa. Lulusan SMAdapat melanjutkan pedidikan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja.
2.     Madrasah Aliyah (MA), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia., setara dengan sekolah menengah atas, ang pengelolaanya dilakukan oleh Departemen agama. Pendidikan madrasah aliyah ditempuh  dalam waktu 3 tahun,  mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.siswa MA memilih salah satu dari 4 jurusan yang ada, yaitu ilmu Alam,ilmu Sosial, ilmu-ilmu Keagamaan Islam, dan Bahasa. Lulusan madrasah aliyah dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi umum, perguruan tinggi agama Islam, atau langsung bekerja.
3.     Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yeng menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. SMK sering disebut juga STM (Sekolah Teknik Mesin). Di SMK terdapat banyak program keahlian.
4.     Madrasah Aliyah Kerujuan (MAK), adalah satu bentuk satuan pendidikan formal dalam binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs.
5.     Kelompok belajar atau kejar adalah jalur pendidikan nnonformal yang difasilitasi oleh Pemerintah untuk siswa yang belajarnya tidak melalui jalur sekolah, atau bagi siswa yang belajar di sekolah berbasis kurikulum nonpemerintah. Kejar terdiri atas tiga paket, yaitu  Paket  A, Paket B, dan Paket C. Setiap peserta kejar dapat mengikuti Ujian Kesetaraan yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional.
            Untuk mencapai  cita-cita harus mempunyai prinsip. Beberapa prinsip yang harus dipegang agar kalian dapat meraih cita-cita sebagai berikut:
1.     Tekad yang kuat
2.     Teguh pendirian dan tidak mudah menyerah menghadapi hambatan.
3.     Komitmen pada rencana awal, tidak mudah mengubah-ubah rencana.
4.     Kerja keras dan konsisten untuk terus berjuang apapun hambatan yang menghadang.
5.     Terbuka untuk menerima bantuan orang lain, apapun bentuknya, termasuk kritikan.
6.     Berpikiran terbuka agar selalu memiliki daya kreativitas dalam memecahkan setiap masalah.
7.     Berani mengambil risiko dan berjiwa besar ketika menemui kegagalan.
8.     Rajin mengevaluasi diri.
9.     Berdoa kepada Tuhan agar selalu dimudahkan.
B.      CARA BERGAUL DENGAN TEMAN SEBAYA
            Setiap orang atau  siswa perlu bergaul dengan orang lain, mungkin pergaulan atau hubungan itu dengan orang lain yang lebih tua, sebaya, atau yang  lainnya. Namun bagi anak sekolah punya kecenderungan lebih suka bergaul dengan teman sebaya, yaitu teman yang seusia dan setaraf perkembanganya. Tentunya kalian senang apabila mempunyai teman. Karena dengan mempunyai teman kita tidak sendirian, bisa selalu bersama  ke mana saja, baik bermain serta berkelompok di sekolah maupun di rumah.
            Teman dapat memberi pengaruh yang baik ataupun sebaliknya. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih teman sebagai berikut.
-     Memilih teman yang mempunyai keseharian yang baik. Misalnya, jujur, tidak suka membolos, bukan pemarah, sopan, dan sebagainya.
-     memilih teman yang memiliki aktivitas positif di sekolah. Misalnya aktif mengikuti ekstrakurikuler, aktif keorganisasian, dan sebagainya.
-     memilih teman yang senang melakukan hal-hal positif. Misalnya senang membaca, tidak memakai Narkoba, tidak miras, tidak merokok, dan sebagainyya.
            Dalam pertemuan biasanya ada perbedaan baik dari segi pendidikan, latar belakang, keluarga, dan kebiasaannya. Dalam bergaul dengan sesama teman, baik di sekolah maupun  di luar sekolah. Pasti kalian pernah menjumpai hal-hal atau masalah, ini dapat membuat retak persahabatan.  Untuk menjaga hubungan yang baik dengan teman, kita bisa melakukan hal-hal sebagaiberikut:
1.     Biasakan memberi selamat kepada teman yang sukses atau berhasil. Misal ucapan ulang tahun, juara kelas, dan lain-lain.
2.     Simpati dan menghibur di kala sedih dan duka maupun dapat kebahagiaan. Misal sakit, berkabung/kena musibah, dan tidak naik kelas.
3.     Saling silaturahmi dan memberi kabar berita melalui internet, surat, telepon, atau main ke rumah.
4.     Kembangkan sikap saling menghargai, menghormati, percaya dan konsekuen (tanggung jawab) dalam bersahabat.
sedangkan hal-al yang perlu dihindari dalam pertemanan sebagai berikut.:
1.     Memilih teman tidak berdasar rupa atau kekayaan (memilih-milih teman).
2.     Salingmenyindir, menyakiti, dan menghina.
3.     Merugikan teman. Misalnya, meminjam uang atau barang tidak dikembalikan.
4.     Hindari pula sikap-sikap negatif yang ada pada kelompok pergaulan yang urakan. Misalna merasa kelompok kuat, pintar dan kompak tetapi suka menentang guru atau masa bodoh dengan perintah maupun norma yang berlaku, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © SMP N 5 PATI //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //