a:hover {background-image: url(https://lh6.googleusercontent.com/-AlOJLqdQbgM/TX8PrNRSMsI/AAAAAAAAAaY/qJhxSdh5tfE/s1600/stars.gif);} SMP N 5 PATI: PengaruhPerubahanFisik Dan PsikisTerhadapPolaHubunganSosial (Aisyah - 03)

Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 06 Maret 2013


PengaruhPerubahanFisik Dan PsikisTerhadapPolaHubunganSosial
Apersepsi
                Manusiamempunyaikarakteristikindividu yang diperolehdari factor bawaandan factor daripengruhlingkungan. Karakterisitikbawaanmerupakankarakteristikturunan yang dimilikisejaklahir. Sedangkankarakteristikdari factor lingkungan, diperolehdaripengaruhlingkungan social (hubunganantaraindividu) danpengaruhlingkungannon social (alamsekitar). Baikpengaruhbawaanmaupunlingkunganakanmenyebabkanterjadinyaperbedaanantaramanusia yang satudengan yang lain, walaupunsecaraumummemangadaunsurkesamaannya. Kategoriperbedaanantaraindividukedalambeberapabidangdibedakan :
1.       Perbedaanfisikmeliputiusia, tingkat, danberatbadan, jeniskelamin, pendengaran, penglihatan, kemampuanbertindak.
2.       Perbedaan social meliputi status ekonomi, agama, hubungankeluarga, suku.
3.       Perbedaankepribadiantermasukwatak, motif, dansikap.
4.       Perbedaankecakapandankepandaian di sekolah.
RingkasanMateri
                Dari perbedaan di atasjikaterjadiinteraksi social menghasilkanpandangan-pandanganmengenaikebaikandankeburukan. Pandangan-pandangantersebutmerupakannilai-nilaimanusia, yang kemudiansangatberpengaruhterhadapcaradanpolabrpikirnya. Kalau, misalnya, seseorangmemberikantekanan yang kuatkepada factor kebendaan, makapolaberpikirnyacenderungbersifatmaterialistis.
                Polaberpikirtertentu yang dianutiseseorang, akanmempengaruhisikapnya. Sikaptersebutmerupakankecenderunganuntukberbuatatautidakberbuatterhadapmanusia, benda, ataukeadaan. Seseorang yang polaberpikirnyamaterialistis, misalnya,mempunyaisikaptertentuterhadappekerjaantertentu. Dialebihmementingkanpekerjaan yang menghasilkanmateri yang banyakdankurangmemperhatikankepuasanbatiniahmengerjakanpekerjaantersebut. Sikaptersebutlazimnyamembentukperilakutertentu yang kemudianmenjadipolaperilakuapabilaberlangsungsecarasinambung.Sikapmaterialistis, umpamanya, akanmembentukperilaku yang cenderungmaterialitis pula. Kalaupolaperilakutertentusudahmelembagadanmembudaya, makagejalaitumenjadipatokanperilaku yang pantas.
                Patokanperilaku yang pantastersebbutbiasanyadisebutnormaataukaidah. Perangkatkaidah-kaidahtertentu yang terdiridarikaidah-kaidahkepercayan, kesusilaan, kesopanan, danhukum, kemudianmenjadipatokandalaminteraksi social.
PerubahanFisikdanPsikis
                Pertumbuhanadalahperubahansecarafisiologissebagaihasildari  prosespematanganfungsi-fungsifisik yang berlangsungsecara normal padaanak yang sehat.
                Manusiadalamhidupdankehidupanmengalamibeberapafaseataumasayaitumasabagi, masaanak-anak, masaremaja, masadewasa, danmasatua. Remajaditinjaudarisudutperkembanganfisik, berdasarkanilmukedokterandanilmu-ilmu lain yang terkait, remajadikenalsebagaitahapperkembanganfisikdimanaalat-alatkelaminmanusiamencapaikematangannya. Secarafisikremajamulaimengalami proses menujukematangan organ-organ seksualsepertimenstruasibagiremajaputri, mimpibasahbagiremajaputra.
                SelainituAndajugamengalamiperubahanfisik yang lebihmemperjelas status Andasebagaipriaataupunwanita, yaitu:
1.       Remajaputramemilikitanda-tandaperubahan, antara lain :
a.     Mulaitumbuh kumis.
b.     Munculjakun di leher.
c.     Suaramulaiberattidakcempreng.
d.     Tinggibadanbertambahdengansangatcepat.
e.     Tumbuhnyarambut di organ vital danketiak.
2.       Remajaputrimemilikitanda-tanda, antara lain :
a.     Membesarnyakelenjarsusu.
b.     Panggulsemakinmembesar.
c.     Tumbuhnyarambut di organ vital danketiak.
Duahaltersebut di atasadalahciri-cirifisik yang pastiakandialamiseorangmanusiadengan normal. Ataudalamistilah lain merupakanciriperkembanganbiologismanusia.
                Perkembangandanperubahanpadafaseremajainitidakhanyadariaspekfisiksemata, melainkanjugadibarengidenganperkembanganpsikis. Padafaseiniremajamulaimelewatimasatransisidarianak-anakmenujudewasa. Dari anak-anak yang sangatbergantungkepada orang tuamenuju orang dewasa yang mandridalamsegalahal.
                Dalamfasetransisisepertiiniremajamengalamikelabilanemosional, yang tampakdalambeberapatanda-tanda, seperti:
1.       Rasa keingintahuan yang besarterhadaphal-halbaru yang ditemuinya.
2.       Inginmenunjukkaneksistensidirinyasebagaiseorangindividu di tengahlingkungannya.
3.       Semangatnyabegitubesaruntukmelakukandanmencobahal-halbaru.
4.       Mulaimemperhatikanpenampilandiri.
5.       Mulaitertarikdanmengenallawanjenisnya.
Perubahandanperkembanganfisikdanpsikisremajaininantinyaakanberpengaruh pula padaaspeksosialnya. Denganmulaimatangnyafungsi-fungsi organ seksualnyadibarengidengankeinginanuntukkeluardarititikamanlingkunganterdekatnyayaitu orang tua, seorangremajamulaiinginmemasukilingkungan yang lebihluasbaik di sekolahmaupun di masyarakat. Namunterkadangkarenamasihlabilnya factor emosi, remajaseringmengalamigesekan-gesekandenganlingkungannya. Denganpengalamanhidup yang belumbegitubanyak, keinginanuntukmenunjukkandandiakuieksistensinya, keberadaannya, olehlingkungannyatidakselamanyaberjalanmulus.  Apresiasi yang didapatterkadangtidakseperti  yangdiharapkan.
Perkembnaganbahasadalammasaremajamerupakan proses berkesinambungandenganperkembanganbahasamasasebelumnya. Perkembanganinidimulaipadamasaanak yang berkembangmulaibahasa yang sederhanamenujuyanglebihkomplekssesuaidengankemampuandanpengaruhlingkungansehari-hari.
Manusia di sampingsebagaimakhlukindividujugasebagaimakhluksosial, dimanasetiapindividumempunyaikebutuhanuntukbergauldenganindividu lain baiklingkungankeluarga, sekolah, danmasyarakat. Sesuaidengan proses perkembangannyamasaremajaberusahamemisahkandiridari orang tuauntukmenentukandirinyaataumencari ego.
Beberapa factor yang mempengaruhiperkembangan social remaja :
1.       Factor keluarga :sepertipolahidupkeluarga, pendidikan orang tua, sifat orang tua.
2.       Factor sekolah :hubunganantargurudengansiswa, hubunganantarsiswadengansiswa.
3.       Fakorllingkunganmasyarakat :pergaulanantarremaja, pengaruh mass media baikelektronnikmaupun media cetakdll.
Olehkarenanyasebagairemajaperlukiranyamemperhatikanbeberapahalberikut agar tidakterjerumuspadahal-hal yang tidakdiinginkan, antaralain :
1.       Selektifdalammemilihtemanbergaul. Meskipunkeinginanuntukbergauldengan orangdanlingkunganbarubegitubesar, tetapibukanberartisemua orang yang barudikenaldanlingkunganbaruharusdimasuki. AndaharusmengetahuisiapamerekadanbagaimanamerekaberperilakusehinggaAndatidakterseretberperilakuburuksebagaimanamereka.
2.       Bertanyatentanghal-halbarukepada orang yang tepat, misalnya orang tuaatau guru. DengandemikiantidaksajaAndamendapatjawaban yang jelasnamunjugamendapatbimbingan yang benarbagaimanaseharusnyabersikap.
3.       Tidakmudahterpancingemosinyatetapijugamenggunakanlogikauntukmelakukansesuatu. Perludihitunguntungrugi, manfaat, akibatdariperbuatan yang akanAndalakukan. DengandemikianAndatidakmnyesal di kemudianhari.
4.       Terbuka dengan orang tua, guru atau orang yang dianggapdekat. Andabisamenceritakankejadian yang Andaalamidalamkeseharianataumencurahkankegelisahan yang Andarasakankepadamereka. DengandemikianAndabisaberbagi rasa sekaligusmendapatkanmasukanataunasihatbijakdari orang lain yang lebihdewasa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © SMP N 5 PATI //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //