Newest Post
// Posted by :Unknown
// On :Rabu, 06 Maret 2013
PengaruhPerubahanFisik
Dan PsikisTerhadapPolaHubunganSosial
Apersepsi
Manusiamempunyaikarakteristikindividu
yang diperolehdari factor bawaandan factor daripengruhlingkungan.
Karakterisitikbawaanmerupakankarakteristikturunan yang dimilikisejaklahir. Sedangkankarakteristikdari
factor lingkungan, diperolehdaripengaruhlingkungan social
(hubunganantaraindividu) danpengaruhlingkungannon social (alamsekitar).
Baikpengaruhbawaanmaupunlingkunganakanmenyebabkanterjadinyaperbedaanantaramanusia
yang satudengan yang lain, walaupunsecaraumummemangadaunsurkesamaannya.
Kategoriperbedaanantaraindividukedalambeberapabidangdibedakan :
1.
Perbedaanfisikmeliputiusia, tingkat,
danberatbadan, jeniskelamin, pendengaran, penglihatan, kemampuanbertindak.
2.
Perbedaan social meliputi status ekonomi, agama,
hubungankeluarga, suku.
3.
Perbedaankepribadiantermasukwatak, motif,
dansikap.
4.
Perbedaankecakapandankepandaian di sekolah.
RingkasanMateri
Dari
perbedaan di atasjikaterjadiinteraksi social
menghasilkanpandangan-pandanganmengenaikebaikandankeburukan.
Pandangan-pandangantersebutmerupakannilai-nilaimanusia, yang kemudiansangatberpengaruhterhadapcaradanpolabrpikirnya.
Kalau, misalnya, seseorangmemberikantekanan yang kuatkepada factor kebendaan,
makapolaberpikirnyacenderungbersifatmaterialistis.
Polaberpikirtertentu
yang dianutiseseorang, akanmempengaruhisikapnya.
Sikaptersebutmerupakankecenderunganuntukberbuatatautidakberbuatterhadapmanusia,
benda, ataukeadaan. Seseorang yang polaberpikirnyamaterialistis,
misalnya,mempunyaisikaptertentuterhadappekerjaantertentu.
Dialebihmementingkanpekerjaan yang menghasilkanmateri yang
banyakdankurangmemperhatikankepuasanbatiniahmengerjakanpekerjaantersebut.
Sikaptersebutlazimnyamembentukperilakutertentu yang
kemudianmenjadipolaperilakuapabilaberlangsungsecarasinambung.Sikapmaterialistis,
umpamanya, akanmembentukperilaku yang cenderungmaterialitis pula.
Kalaupolaperilakutertentusudahmelembagadanmembudaya,
makagejalaitumenjadipatokanperilaku yang pantas.
Patokanperilaku
yang pantastersebbutbiasanyadisebutnormaataukaidah.
Perangkatkaidah-kaidahtertentu yang terdiridarikaidah-kaidahkepercayan,
kesusilaan, kesopanan, danhukum, kemudianmenjadipatokandalaminteraksi social.
PerubahanFisikdanPsikis
Pertumbuhanadalahperubahansecarafisiologissebagaihasildari prosespematanganfungsi-fungsifisik yang
berlangsungsecara normal padaanak yang sehat.
Manusiadalamhidupdankehidupanmengalamibeberapafaseataumasayaitumasabagi,
masaanak-anak, masaremaja, masadewasa, danmasatua.
Remajaditinjaudarisudutperkembanganfisik, berdasarkanilmukedokterandanilmu-ilmu
lain yang terkait,
remajadikenalsebagaitahapperkembanganfisikdimanaalat-alatkelaminmanusiamencapaikematangannya.
Secarafisikremajamulaimengalami proses menujukematangan organ-organ
seksualsepertimenstruasibagiremajaputri, mimpibasahbagiremajaputra.
SelainituAndajugamengalamiperubahanfisik
yang lebihmemperjelas status Andasebagaipriaataupunwanita, yaitu:
1.
Remajaputramemilikitanda-tandaperubahan,
antara lain :
a. Mulaitumbuh kumis.
b. Munculjakun di leher.
c. Suaramulaiberattidakcempreng.
d. Tinggibadanbertambahdengansangatcepat.
e. Tumbuhnyarambut di organ vital danketiak.
a. Mulaitumbuh kumis.
b. Munculjakun di leher.
c. Suaramulaiberattidakcempreng.
d. Tinggibadanbertambahdengansangatcepat.
e. Tumbuhnyarambut di organ vital danketiak.
2.
Remajaputrimemilikitanda-tanda,
antara lain :
a. Membesarnyakelenjarsusu.
b. Panggulsemakinmembesar.
c. Tumbuhnyarambut di organ vital danketiak.
a. Membesarnyakelenjarsusu.
b. Panggulsemakinmembesar.
c. Tumbuhnyarambut di organ vital danketiak.
Duahaltersebut di atasadalahciri-cirifisik
yang pastiakandialamiseorangmanusiadengan normal. Ataudalamistilah lain
merupakanciriperkembanganbiologismanusia.
Perkembangandanperubahanpadafaseremajainitidakhanyadariaspekfisiksemata,
melainkanjugadibarengidenganperkembanganpsikis.
Padafaseiniremajamulaimelewatimasatransisidarianak-anakmenujudewasa. Dari
anak-anak yang sangatbergantungkepada orang tuamenuju orang dewasa yang
mandridalamsegalahal.
Dalamfasetransisisepertiiniremajamengalamikelabilanemosional,
yang tampakdalambeberapatanda-tanda, seperti:
1.
Rasa
keingintahuan yang besarterhadaphal-halbaru yang ditemuinya.
2.
Inginmenunjukkaneksistensidirinyasebagaiseorangindividu
di tengahlingkungannya.
3.
Semangatnyabegitubesaruntukmelakukandanmencobahal-halbaru.
4.
Mulaimemperhatikanpenampilandiri.
5.
Mulaitertarikdanmengenallawanjenisnya.
Perubahandanperkembanganfisikdanpsikisremajaininantinyaakanberpengaruh
pula padaaspeksosialnya. Denganmulaimatangnyafungsi-fungsi organ
seksualnyadibarengidengankeinginanuntukkeluardarititikamanlingkunganterdekatnyayaitu
orang tua, seorangremajamulaiinginmemasukilingkungan yang lebihluasbaik di
sekolahmaupun di masyarakat. Namunterkadangkarenamasihlabilnya factor emosi,
remajaseringmengalamigesekan-gesekandenganlingkungannya. Denganpengalamanhidup
yang belumbegitubanyak, keinginanuntukmenunjukkandandiakuieksistensinya,
keberadaannya, olehlingkungannyatidakselamanyaberjalanmulus. Apresiasi yang didapatterkadangtidakseperti yangdiharapkan.
Perkembnaganbahasadalammasaremajamerupakan proses
berkesinambungandenganperkembanganbahasamasasebelumnya.
Perkembanganinidimulaipadamasaanak yang berkembangmulaibahasa yang
sederhanamenujuyanglebihkomplekssesuaidengankemampuandanpengaruhlingkungansehari-hari.
Manusia di sampingsebagaimakhlukindividujugasebagaimakhluksosial,
dimanasetiapindividumempunyaikebutuhanuntukbergauldenganindividu lain
baiklingkungankeluarga, sekolah, danmasyarakat. Sesuaidengan proses
perkembangannyamasaremajaberusahamemisahkandiridari orang tuauntukmenentukandirinyaataumencari
ego.
Beberapa factor yang mempengaruhiperkembangan social remaja :
1.
Factor
keluarga :sepertipolahidupkeluarga, pendidikan orang tua, sifat orang tua.
2.
Factor
sekolah :hubunganantargurudengansiswa, hubunganantarsiswadengansiswa.
3.
Fakorllingkunganmasyarakat
:pergaulanantarremaja, pengaruh mass media baikelektronnikmaupun media
cetakdll.
Olehkarenanyasebagairemajaperlukiranyamemperhatikanbeberapahalberikut
agar tidakterjerumuspadahal-hal yang tidakdiinginkan, antaralain :
1.
Selektifdalammemilihtemanbergaul.
Meskipunkeinginanuntukbergauldengan orangdanlingkunganbarubegitubesar,
tetapibukanberartisemua orang yang barudikenaldanlingkunganbaruharusdimasuki.
AndaharusmengetahuisiapamerekadanbagaimanamerekaberperilakusehinggaAndatidakterseretberperilakuburuksebagaimanamereka.
2.
Bertanyatentanghal-halbarukepada
orang yang tepat, misalnya orang tuaatau guru.
DengandemikiantidaksajaAndamendapatjawaban yang jelasnamunjugamendapatbimbingan
yang benarbagaimanaseharusnyabersikap.
3.
Tidakmudahterpancingemosinyatetapijugamenggunakanlogikauntukmelakukansesuatu.
Perludihitunguntungrugi, manfaat, akibatdariperbuatan yang akanAndalakukan.
DengandemikianAndatidakmnyesal di kemudianhari.
- Back to Home »
- Konseling »
- PengaruhPerubahanFisik Dan PsikisTerhadapPolaHubunganSosial (Aisyah - 03)